Langsung ke konten utama

Kampung Surga dan IELTS Tercinta, Caroot Move On



My sophisticated course



Disudut sebuah cafe kecil dikampung inggris dimana memori tentang kita perlahan berkumpul bersama dengan alunan lagu. Aku ingin bercerita tentang rasa, pelajaran dan mimpi yang terjalin erat bersamaan dengan kata cinta juga perpisahan. Aku menuliskan semua yang ingin kutuang kedalam sebuah prasa yang mungkin orang menganggapnya biasa, seandainya kalian tahu aku terhanyut didalamnya bersama waktu. Mari kita mulai dengan pertemuan pada tahun lalu diakhir April 2015.

Ini cerita tentang pertemuan didalam edukasi non formal. Aku adalah fresh graduate yang tengah dalam masa transisi menjadi pengangguran baru. Aku berusaha mencari pekerjaan namun tidak ada yang sesuai dengan keinginan, kemudian aku berhenti. Kecintaan yang akhirnya mendukungku untuk berpindah mencari ilmu yang sudah lama ingin kukuasai, English. Aku punya mimpi kecil melanjutkan pendidikanku keluar negeri dan aku butuh kemampuan bahasa inggris yang mumpuni. Dan disinilah mimpi itu mulai dibangun perlahan dan bertahap.

Singkat cerita aku sudah berada dikampung inggris yang paling hits seantero Indonesia. Semua orang mungkin pernah mendengar atau mengunjungi kampung surga ini, begitu aku menyebutnya. Aku memutuskan untuk belajar di English Studio, yang selama setahun ini telah menjadi rumah pertama bagiku dan teman-teman. Aku ditempatkan dikelas general bersama teman baruku dua lelaki dari Makassar pada masa awal pembelajaranku.  Aku menghabiskan dua minggu pertama bersama mereka kesanku hanyalah kelelahan dan tak biasa dengan system pembelajaran. Caroot menangis setiap malam waktu itu, jujur.

Lanjutlah keperiode yang dinantikan kelas IELTS, 10 mei 2015. Aku ingin sekali menjelaskan detail dengan apa , siapa, bagaimana, dimana, dan seperti apa kelas ini. Tak habis kata untuk menjelaskan apa saja yang telah kulewati disini. Aku bersama dua temanku, Pak Tua dan Hasbi. Mereka adalah belahan jiwa semasa kelas beginner, hal yang paling tidak bisa dilupakan adalah skor kita yang dibawah rata-rata saat pertama kali placement test. Memalukan bila diingat, tetapi lucu untuk ditertawakan bersama, ah aku rindu kalian. Aku masih ingat saat teacher kami Mr. Roni guru tersabar di English Studio mengajari tentang writing Task 1 sebulan penuh tanpa mengeluh. Terimakasih banyak Mr. I am extremely love you. Kita melewati kelas ini dengan pelan-pelan sesuai yang dijelaskan penuh perhatian. Aku menyukai cara mengajar yang membuat kita semangat setiap harinya.

Kemudian berlanjut seminggu, dua minggu dan sebulan. Pada bulan ketiga kita berpisah, aku dan Hasbi tetap sekelas sampai masa akhir pembelajaran. Pak Tua ditempatkan dikelas berbeda waktu itu, sedih tidak membully dan meneriakinya dikelas setelah kita berbeda kelas. Hanya pada waktu makan malam kita bertiga bisa makan bersama atau disaat weekend untuk sekedar berbincang dan bercerita, selebihnya aku selalu bersama Hasbi setiap harinya. Kita bertiga selalu menghabiskan waktu bersama. Belajar bersama, makan bersama dan jalan bersama. Sejujurnya tidak ada waktu untuk jalan-jalan bagi siswa IELTS.  Ketan susu atau kolam renang adalah pilihan untuk menghabiskan waktu weekend. Walau sebenarnya aku selalu bolak-balik Surabaya-Pare untuk bertemu teman atau saudara ketika mulai jenuh.Semuanya terasa cepat sudah berapa banyak buku yang dipelajari, skoring yang dikerjakan, writing yang ditulis atau topic speaking yang dibahas. Walau tidak detail bisa kujelaskan, lama sekali rasanya kita bersama-sama.


Akhirnya kelas IELTS berakhir pada 10 Desember 2015,iya akhirnya kelas kita selesai.  Salut atas diriku yang tidak berhenti ditengah jalan untuk meneruskan pelajaran. Bangga bisa bertahan dan ingin terus belajar sampai sejauh dan selama ini. Meski terkadang muka sembab, tugas yang terus mengalir dan waktu tidur yang kurang selalu membuat hati ingin mengeluh. Mimpi adalah alasan utama semoga semua usaha ini berarti.

Mari bercerita tentang teman-teman yang beberapa hari terakhir ini sangat kurindukan keberadaanya. Aku ingat bahwa setiap hari ocehanku atau makianku selalu mewarnai kelas memekak gendang telinga. Aku merindukan kalian bukan berarti ingin kembali belajar bersama kalian, ah bosan sekali kalau bertemu kalian lagi. Sure, I miss you guys a lot. Hanya saja memori ini terus berulang setiap hari saat aku tak punya aktifitas. Kuharap mimpi selalu bersama kalian dan terus diperjuangkan

Aku ingin menulis untuk dua lelaki terbaik yang kupunya selama di Pare.

Terkhusus untuk Pak Tua.
Pak aku kangen. Makan bareng yuk temenin aku makan. Aku pengen cerita banyak pak curhat gapenting gapapalah yang penting kita ketemu sebentar aja. Gue pasti seneng banget pak ketemu lu lagi sumpah deh. Eh gimana ielts? Good luck ya test lu. Semoga cinta lu kesampaian pak. Kangen nih. Nanti ketemu lagi ya. Gue kangen ngebully lu pak haha

Perbincangan yang susah dilupain nih.
root , lets pray.
eh onyoon, 
Pak. gue mau cerita dong
Pak ntar kita curhat ya
Lu ngapain 
Mesjid yuk pak sholat   
kaga onyoon,
ah lu maah root,
yuk makan yuk,
coba kita baca pelan-pelan dulu ya miss 

Pak tua ini temen curhat yang paling extra dewasa tapi luar biasa juga kadang susah nyambungnya. Punya kebiasaan jelek banyak  banget. Suka banget kentut sembarangan keras lagi, jijik tauk. Suka bersin keras banget segala ada melodinya. Sumpah keras berisik pula. Kalau udah flu pasti meler trus ngabisin tisu deh. Makanannya pedes hobi sama cabe. Kalau dia speaking kita mesti nunggu lama, dia pikirannya jauh diluar batas soalnya. Jadi apa-apa serba lama deh pokoknya. Suka pake iket kepala katanya biar dapet mukjizat. Suka banget sama kopi item kalau dia udah sakit kepala nanti bawaannya diem trus ga bisa diajakin bercanda. Selama dikelas kita pisah, mulai suka-sukaan sama cewe Arab favorite haha. Sedikit-sedikit senyum terus ketawa sendiri kalau diejekin. Bahaya ielts bisa mendatangkan rasa tanpa diduga. Jenggotnya dia panjang kayak jagung. Mukanya bakal ngeselin kalau udah megang jenggot, terus digigitin jenggotnya. Masya Allah gila tebel banget kayak aspal. Paling lemot juga paling kocak selalu bisa bikin ketawa. Kasian mah udah tua umurnya 30 masih mau belajar ielts. I love you bapak tua

Untuk Hasbi Kribo
Hasbi, kamu apa kabar? Ga kangen aku? Kangen banget ya pasti. Ga ada kabar banget sih beda sama pak tua yang selalu chat aku tiap hari walau pembicaraan ga penting juga. Sibuk banget ya dirumah? Iya tahu research ya ? Kepedalaman? Ga ada signal? Iya aku tahu kog. Yaudah sih gpp  asal jangan baper abis baca ini ya. Aku kangen cuy ngelakuin apa bareng-bareng lagi sama kamu. Kemana-mana bareng ngelakuin semuanya barengan. Semua sudut pare kayaknya ada muka kamunya haha.

Perbincangan kita
Anggi naaah..
Hasbi jam 6 ya.. ?Gamauuuu..Yoh yoh mandi sana
Eh mau makan dimana ?
Anggi nah makan sate yuk
Hasbi makan nasi goreng yuk? Gamau gaenak.
Besok renang yuk 
Anggi kamu kog item ya
Mata nya kecil banget lagi
Ih ngeselein hasbi ih
Hasbi kampret
Hasbi peak
Hasbi bgst
Hasbi naah ayuuk makan
Ngeselin betul ihh
Hasbi aku dengerin lagu ya
Besok keketan yuk, ajak sapwan juga
Singkong kejukah?
Hasbi aku pengen makan ini naah.
Bego ih, ah lamaa hasbi   
Anggi naah  
so many words..          

Hasbi ini laki-laki paling baik, paling sering kena maki, paling sering dijambak, paling sering dimintain duit seenaknya dan paling ngeselin juga sama tukang bully paling minta di hajar se Pare. Setiap hari rambutnya dia gapernah dikeramasin kadang-kadang sih keramas tapi juga jarang. Becanda sih, dia bangun selalu pagi katanya abis itu mandi tapi abis itu suka tidur lagi Selama dipare rambutnya setahuku cuman sekali dipotong gara-gara ada seminar ketemu ahok. Jadi udah ngembang gitu, anjir lah pokoknya. Kukunya juga selalu panjang, jorok sama kayak pak tua. Kalau dikasih tau pasti selalu ujungnya berantem. Selalu gapernah mau dibilangin karena jawabannya selalu gamau kalah. Kalau diajakin jarang mau, kecuali dia yang ngajakin. Sibuk sendiri sama laptop, paling seneng liatin video lucu difacebook. Kalau ada kelas pasti dia yang selalu nanyain ulang. Hari ini ada tugaskah? Tugas apa miss? Halaman berapa miss? Anggi nah yang mana? Pokoknya yang paling suka ngulang-ngulang pertanyaan deh, bikin lama. Manusia paling sotoy sekelas karena dia tahu segalanya walau selalu misleading mah haha. Tiap hari dikelas selalu ngajakin berantem, hobi ngejahilin, gapernah absen. Tapi paling setia mau makan bareng tiap jam 6. Tukang benerin laptop semua anak ES dan gapernah minta bayaran baik banget. Baikin laptop sampe pagi dijabanin demi orang lain, beuh luar biasa. Mau ngontel sepeda goncengin keujung Pare walau ujung-ujungnya bilang capek karena keberatan. Paling suka makan ayam goreng tapi gabisa kepedesan. Selalu ada tempe goreng dipiring kalau makan pagi.  Kalau makan cepet banget suka makan nasi double sampe gue juga ikutan. Suka banget tidur. Favorite banget kalau liat dia lagi ngajar writing atau grammar serius banget ga liat kanan kiri. Bahagia banget kalau dibikinin minuman kalau malem. Duh. Mr Hasbi.  Kuat banget sama dingin gapake jaket kulit badak bener deh, Kebanyakan memori jadi susah dijelasin satu-satu. Laki-laki luar biasa baik buat Caroot selama di Pare kalau udah bareng sama dia.

Terlepas dari segala macam perasaan-perasaaan aku-kamu-kita. Aku kangen kamu banget cuy. Dari setiap sudut ES, Mbok Depah, Singgahan, Nasi goreng, Warung penyetan, Ketan, Al-Fil, Warung Pecel, Sepeda Pink yang ilang. Semuanya selalu kelewat dipikiran kalau diinget-inget semua sudut Pare ada kenangannya. Lucu aja lama banget kita disini. Sukses yah buat semuanya semoga nanti ketemu lagi bisa jambakin rambutmu lagi. Ga deng becanda, rambutnya pasti udah pendek ya. Makasih banyak udah ngasih aku apa yang aku mau, ngabulin apa yang aku minta dan buat semua-semuanya yang selama ini kita lakuin bareng. Maafin udah ngebentak tiap hari, narikin rambut sesukanya, lemparin barang kekamu, minjem duit seeenaknya, ngerusakin laptop, bikin kamu capek, ujan-ujanan sampe sakit dan aku selalu cuek juga gapernah peka sama keadaan. Maafin dinda ya kanda. Miss you so Hasbi.

Tulisan yang mulai ditemani hujan dan guntur ini sepertinya sudah melebihi task 2 nya ielts. Sudah waktunya caroot juga move on dari semua kisah ini. Kalian berdua udah duluan ninggalin aku, sekarang giliran aku ya. Aku harus kembali ketempat semula dan keluar dari semua zona nyaman dikampung surga ini. Semua kenangan yang meliputi keseharian bukan berarti dilupakan, tetapi ingin menitipkan semuanya pada tulisan ini. Sendunya pare dan aroma hujan hari ini membuatku ingin mengikhlaskan semua pelajaran yang sudah kudapatkan hampir setahun ini. Aku belum bisa memastikan kapan akan kembali, tapi aku ingin sekali lagi menitipkan hati agar tetap baik-baik saja sampai nanti aku kembali kesini. Aku harus maju demi realita dan mimpi yang telah kubuat sendiri.

Kepada English Studio yang telah menerima dan memberi caroot ilmu dari yang sama sekali buta sekarang sudah pakai kaca mata dan bisa melihat semua hal tentang English. Maaf caroot belum bisa mengabdi dan membantu apa-apa untuk membagi ilmu kepada teman-teman yang baru. Makasih banyak Mr. Eddy yang selalu memanggil charlotte, Mr Wawan guru grammar yang sangat swaggie, Miss Shinta my Favorite teacher love you ya miss, Miss Anfa yang selalu sabar ngasih tugas buat caroot dan temen-temen andvance. Terkhusus istimewa temen padang Ojan, gue bakal kangen lu juga jan. Nanti kita ketemu lagi. Semangat ya jan. Jangan sampe sakit lagi. 

Untuk temen-temen yang dulu pernah sekelas dan ketawa bareng di English Stdio. Good luck buat kalian semua. Salam hangat ya dari Caroot.

Kalau katanya hasbi.
Kita bukannya pisah, cuman kita ga ketemu untuk beberapa waktu.
Hasbi aku move on ya
Pak tua aku move on ya
English Studio sama Ielts aku move on ya
I love you …

It is hard to forget someone who gave us you so much to remember……


Terimakasih untuk semua memori, sudah waktunya untuk kembali.

Dari caroot alumnus Ielts yang akan merindukan kalian .

Komentar

  1. Selamat atas pencapaian skor ieltsnya ,,, 6.0,.,

    Anggi agni zaus
    Adindaku tersayang.


    Suatu saat pasangan gelang dan baju itu akan ketemu lagi dan foto bareng minnie.,.

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Gue bacanya terharu banget Anggi Caroot

    BalasHapus
  4. Gue bacanya terharu banget Anggi Caroot

    BalasHapus
  5. Terharu,, root sya telat, terhambat paket.miss you all.

    BalasHapus
  6. Terharu,, root sya telat, terhambat paket.miss you all.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bukan Lebaran Tahun Ini

Ini tahun ke empat bagiku untuk menghabiskan Ramadan dan lebaran tak pulang ke rumah. Apa aku benar masih anak dari ibu dan ayahku? Atau aku hanya berpura-pura tegar untuk menutupi semua sedihku, karena banyak hal yang membuatku tak bisa pulang. Kaum rantau yang masih terus mengejar dunia, aku. Sebentar saja jangan rapuh dan jangan menyerah dulu, berusahalah untuk tak meratapi walau sebenarnya sudah mulai terbebani. Bukan lebaran kali ini sayang, kita rencanakan lagi tahun berikutnya. Bukan tahun ini .

Hati Yang Sudah Tak Memanggil Namamu

Dentingan jam dinding malam ini serta dekapan udara musim dingin membuatku tiba-tiba teringat sosokmu. Sudah berapa lama selang aku memutuskan berhenti untuk melihat kemasa ada dirimu. Hempasan ranting pohon yang ditiup angin mengeluarkan melodi yang tak menyenangkan. Aku harap aku sudah tak diingat oleh ratusan orang yang mengenal namaku dan namamu.  Beberapa hari lalu didalam gerbong kereta dengan memperhatikan pepohonan disaat matahari terbenam aku menerima pesanmu memintaku kembali. Aku rasa hilang warasmu tak lagi ada rasa malumu atau sudah tak kau gubris akal sehatmu. Aku berbisik kehatiku, apa kamu bergetar? Tetapi tak ada jawaban. Hatiku tak bergeming meskipun itu kamu yang memanggil namaku. Dengan senyuman, Caroot yang sudah tak menginginkanmu 

Alone

There’s a lot on me There will be more on me There’re bunches on me That’s a quite large on me It’s all on me It’s for me I am not running anymore  I am not hiding no more I will not let myself to suffer for more I let go hopes I give people distances I only talk to God It makes me feel better I know I will lose I understand if it called scars And I will survive  For me  Alone  Like i used to No family nearby, no lover to hug, no friends to hold Only me and God It sounds best for me It feels good on me Anggi Zaus, me, my own fans, my own pride, myself  I love you, I will always love you ❤️